GAZELLE No. 8 ( by Andre Koopmans)

Mr. Andre Koopmans seorang pecinta sepeda asal Belanda mengirimkan foto salah satu koleksinya yaitu Gazelle No.8 buatan tahun 1937. Sepeda ini hampir beliau pakai setiap hari lho…

copy-of-20_03_07_100.jpg

Very rare, “double leading shoe” drumbrake of my 1937 Gazelle No.8.


copy-of-20_03_07_101.jpg

Saddle of my 1937 Gazelle No.8; a “Lepper Primus” with saddle bag. because of all the springs it is realy super confortable !

copy-of-20_03_07_102.jpg

Front wheel of my 1937 Gazelle No.8, “double leading shoe” drumbrake with black drum and chrome axel, dynamo and headlamp are 1924 “V.T. Lucifer”.

copy-of-20_03_07_105.jpg

“GEHA” lock and original Gazelle pedals of my 1937 Gazelle No.8, the coat-guard is made of lether

copy-of-20_03_07_106.jpg

Saddle of my 1937 Gazelle No.8; a “Lepper Primus” with saddle bag. because of all the springs it is realy super confortable

copy-of-20_03_07_107.jpg

My 1937 Gazelle No.8, I use it almost every day ! I put in precision roller bearings in the bracket and frontwheel and the bike runs light like a racingbicycle, it is simply superb !

kalo di itung-itung sepeda ini sudah berumur 70 tahun ya…tapi masih seger aja…

thank you Mr.Andre …

38 Tanggapan to “GAZELLE No. 8 ( by Andre Koopmans)”

  1. […] Lebih lengkap nya silahkan klik di GAZELLE ANDRE KOOPMANS […]

  2. orang pinggiran Says:

    sepeda top margotop…..,lampu luciver bawaan sepeda gazelle?

    adakah yg tau ?

  3. Mas Heru,

    Mister Andre Koopmans suka nongkrong di Bunderan HI tiap Minggu pagi kah🙂

    untuk sementara ini blom …

    tapi beliau titip salam buat penguasa alias president B-HI…
    katanya :
    ” smoga persiapannya lancar…
    kalo butuh apa-apa bilang aja….”

  4. Superb giant beautiful Gazelle herenfits,
    I never look like before.. I hope you will show another type of Gazelle someday, like crossframe or anything.

    Keep photos posting, Andre

    hallo mr andre….please give your attention for andyt’s request… 🙂

  5. Superb giant beautiful Gazelle herenfits,
    I never look like before.. I hope you will show another type of Gazelle someday, like crossframe or anything.

    Keep photos posting, Andre wakakakak

    yang kreatip dunk…ikut2 ajah…😀

  6. Does it the original coating or you have recoat again?

    Thanks.

    let mr andre answer the question…😉

  7. Lampu hanya sebagai accesories saja..solanya ada jg simplex yang pake lampu dan dynamo lucifer..(mkkss)😀

    tuh jagoan bandung ngejawab…

  8. waah wahh sampai segitunya orang yang mencintai ontel lawasss. begitu bangga memiliki ontel yang di buat tahun 1937 selamat buat mr andre koopmans…

    begitulah…🙂

  9. Hi andre, your Gazelle is very2 execellent & very high, that’s dimensian 60 or 70 ?..are u have fongers, if u have.,I waiting posting fongers fhoto’s, because fongers is my favorite bicycle, GB from Palangka Raya-Central Borneo, tnx..(he..nekat)..

    cueks aja om Yos…😉

  10. Salam perkenalan n Hi everybody,

    Apa kabar semua, saya merupakan peminat gerek(sepeda) dari Malaysia.Ini merupakan kali kedua saya menulis dlm laman ini.Cukup meriah perkembangan sepeda di indon ya..
    Ingin berkenalan dengan kalian semua untuk mengembangkan ilmu ontel…
    Di malaysia juga ada pertubuhan-pertubuhan sepeda seperti di Indonesia seperti di Pulau Pinang, Kedah dan selangor.
    Saya juga memiliki beberapa buah gerek lama sebagai koleksi peribadi…
    salam ontel

    salam kenal tuan chegu…
    say hello buat penggemar sepeda tua di malaysia…😀

  11. mas susanto Says:

    mas andyt, gazelle yg pakai presneleng itu mulai serie berapa mas ? atau kalau serie 10 pakai perneleng itu pasangan apa original ???

    kepada mas andyt, waktu dan tempat kami persilahkan…🙂

  12. Nice bike! Meneer Andre, I hope you can show to us another your bike, ok!

    setuju cak duddy…

  13. Tuan Chegu, bila anda ada waktu datanglah ke Jakarta, kami semua akan berkumpul bersama, tanggal 17-19 Agustus 2007

    come n joint…😀

  14. mas Susanto,

    Kalau mulai tahun berapa Gazelle pakai persneling nggak ada keterangan resmi yang pasti, namun tipe pakai persneling adalah varian Gazelle yang paling mahal, soalnya tiap jenis Gazelle keluar disesuaikan dengan kemampuan/daya beli. Paling murah rem karet, lalu torpedo, lalu tromol, dan paling mahal tromol persneling. Ciri tromol persneling Sturmey Archer untuk Gazelle dan sepeda Belanda lain adalah lobang 36 bukan 40. Dan di bagian drum tengah ada angka dua digit, itulah tahun pembuatan. Sebab bisa saja beda tahun antara pembuatan tromol persneling, dengan frame sepedanya. Ini yang kadang menimbulkan kebingungan apakah aslinya emang tdk pakai persneling, ataukah dulu saat baru oleh perakit dikasih stok persneling yang lebih tua, ataukah oleh pemilik sekarang dipasangi persneling.

    …manggut-manggut…

  15. lho kok malah kaya konfrensi “Gazelle Reunion” ya..? (mangap aja dah…AAAAAAGghhhhh)

    celangapnya jangan kelamaan…😀

  16. ungu??? sepeda janda kah😀

    seperti itukah ?

  17. yang kayak gitu harganya berapa yach??? yang kasih jawb silahkan,soalnya aku pengen banget rusa kayak gitu.

    kalo di belanda sana ngga terlalu mahal, tapi kalo di indonesia bisa mahal banget….
    kalo mo murah meriah rusa kebon raya bogor….bisa megang-megang sambil ngasih makan…😉

  18. murah

    betul..ngga sampe jual rumah…

  19. sip si umar lage gosip………..hiks

    umar mlulu si amir kemane ?

  20. Mas Susanto Says:

    setuju : manggut – manggut, dan itulah reaksi saya waktu membacanya _ mas andyt matur nuwun, tiwas ada serie 10 bagus tapi ada persnelengnya karena saya
    ” anggap ” tidak original malah saya sortir.- saya tambah ilmu lagi mas andyt.- thanks.

    waduh…kejar lagi seri 10 nya tuh om, mudah2an belum jauh…

  21. Andre Koopmans Says:

    My 1937 Gazelle No. 8 has been back to the Gazelle Factory in the 50’s for repainting, that is why there is a newer type transfer-“stikker” on the vertical frametube. But it is done in the gazelle-factory in Dieren.
    The framesize is 72 cm, a very big bike as you see !
    But I am almost 2 meter tall, so I fit perfectly !

    Fongers photo’s are a few on my Flickr-space made on the Norg-tour of “vereniging de oude fiets” (bellanda)

    thank’s mr andre🙂

  22. kereeeeeeeeeeeeeeeen banget ngiler ketes tes

    ditadahin ya iler nya…🙂

  23. bagus bgt.sya mao dong yg ky gtu

    saya jg ngga nolak kalo dikasih🙂

  24. ok andre, thank’s a lot

    you’re welcome 🙂

  25. lam kenal….top banget ontelnya…kasih info gazele seri 77….thanz

    lam kenal jg,

    nanti kalo ada infonya langsung ditayangken..🙂

  26. wah keren banget tuh Onthelnya kompeny mau dijual engga ya Mas…..

  27. waoooo kirennnnnnnnnnnnn

  28. bagus banget gzl -nyah…
    tapi joknya kok terlihat gak nyaman yaa?..
    padahal itu jok bawaannya…

    terus ngontel

  29. wow……keren…………………………he he he……………………………

  30. lucifer adalag lampu dari swiss..
    kayaknya gak bawaan asli sepeda germany de..
    tapi dinamonya mantap…
    lampunya saya sudah punya, tapi reflektornya gak ada..
    hahaha

  31. What a flabbergasting old bike! I wonder whether the saddle springs emit creaking sound or not. I have tried so hard to stifle that kind of sound from mine but in vain. Some oil has been sprayed on it but no result at all.

  32. mas-mas sekalian mohon minta massukan tentang gazelle ku soalnya masih bingung keaslianya
    http://kedaiontel.blogspot.com/

  33. ronald gowes Says:

    pengen nggowes sepeda tuch….

  34. sadelnya top markotop n joss gandos kalo org semarang bilang. di indonesia sadel persis spt itu ada yg jual ngga ya n harga brp jt ? naksir berat dab………….

  35. sepeda yang buuuagus dan menginiiiii

  36. memang apik

  37. Andre Koopmans Says:

    The whole bicycle rides without any sound at all, no creaking sound from the saddle or any other noise, apart from the freewheel if I use this.
    Because I ride this bicycle the most (and also my 72 cm Gazelle crossframe) I always try to make these two bicycles as perfect as they can be in riding.
    The wheels are perfectly straight and it is easy to ride without hands while the bicycle simply goes without correcting it in a straight line.
    They do not make any noise at all and ride very smooth and light (also because of the ball-bearings in the wheels), that’s the way I like it !
    It is a bit of work to make them as they are, but I like every minute I ride them, so it was worth the time.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: