PHOENIX

Dalam rangka Imlek, terlintas untuk menulis tentang sepeda buatan negeri tirai bambu alias China. Sepeda ini juga populer di Indonesia walaupun belum menjadi legenda layaknya sepeda tua buatan Eropa ataupun Amerika yang menjadi incaran para penggemar dan kolektor sepeda antik. Populasi sepeda ini juga masih banyak berkeliaran di jalan-jalan dan masih dijual di toko-toko sepeda dalam keadaan baru. Pabrik Phoenix berpusat di kota Shanghai, China yang awal sejarahnya dari Shanghai Bicycle the Third Factory yg didirikan pada Mei 1958.

Phoenix sendiri artinya adalah Raja Burung dalam cerita legenda yang merupakan simbol dari keanggunan, kebahagiaan dan keberuntungan. Pabrik Phoenix bisa menghasilkan sepeda yang juga digemari oleh negara-negara lain berkat inovasi, kualitas dan pelayanan purna jualnya. Di Indonesia sendiri sepeda Phoenix banyak dipakai oleh kalangan masyarakat umum terutama di daerah pedesaan dan kota-kota kecil lainnya, sedangkan untuk di daerah perkotaan lebih sering dipakai oleh para pedagang dan tukang ojek sepeda. Dalam perkembangannnya Phoenix juga membuat sepeda dengan model-model baru bukan hanya jenis sepeda angkut saja.

brand

gambar logo

profil

profil rakyat china besepeda

SPB15-

sepeda angkut-1

SPB05

sepeda angkut-2

SPB15

sepeda angkut-3

citybike2

city bike-1

citybike1

city bike-2

chopper

chopper

beachcruiser

beach cruiser

speedracer

speed racer

spd lipat

sepeda lipat

54 Tanggapan to “PHOENIX”

  1. Saya ingin menjadi penyalur sepeda phoenix, kemana saya harus menghubungi ?

    wah maaf mas rudi, sy blom ada infonya…

  2. Bambang Yulianto Berkata

    Di Surabaya, penjual sepeda Phoenix baru dimana ya ? pengin juga sih beli yang model laki.

    temen2 ada yg punya info ?

  3. salam kenal..,
    sepeda lipat feida bagus, ada yg tahu toko di jakarta yg menjualnya? tolong dong.. . trim’s.

    salam kenal juga…udah coba di ruko-ruko Kompleks Roxy Mas ?
    kayaknya banyak toko sepeda di sana…mudah2an ada yg jual :D

  4. Kalau mau beli sepeda onthel Phoenix di Jakarta, kontak Atex Bike Shop (ABS) di Jl. Kebayoran Baru 17, Kebayoran Lama (Dekat jalan layang), telp. 7248176. Harga sekitar 600rb-an, baru….!! Selamat berburu …

    makasih infonya om uki.. :D

  5. Terima kasih informasinya boss…

    sama2… :D

  6. Amus Tamiruddin Berkata

    mohon alamat pabrik sepeda phoenix di surabaya

  7. boz, kalo mo cari sepeda lipat di jogja dimana ya?

  8. saya beberapa lama yang lalu dapat sepeda phoenix harga 500rb di tangerang
    ini fotonya :

    http://backup-otak.blogspot.com/2007/09/my-new-lover.html

    terima kasih pak. kalo mau ikut gank sepeda tua boleh ga ya?

  9. Saya punya kisah unik dengan sepeda Phoenix yang hilang…

    http://antoix.wordpress.com/2008/01/14/phoenix/

  10. [...] ada yg menulis dengan ‘gusto’ ttg sepeda Phoenix ini… http://cakrawalaindah.wordpress.com/2007/02/22/phoenix/ sekalian saya kutip juga foto2nya dari blog diatas untuk post [...]

  11. to Leo :

    silahkan bergabung pak…

    silahkan kunjungi

    http://www.onteltangerang.wordpress.com

  12. Pungky-PASKASindonesian old bike Berkata

    Salam kenal bpk Bambang Yulianto”
    Disurabaya penjual sepeda phoenix baru di toko sepeda kawasan pasar turi,kurang lebih tepatnya sisi samping tugu pahlawan
    Akhir th 07′ kmrn sih msh Idr700ribu yah”

  13. bs d info Toko Sepeda lipat di Surabaya thxs……….

  14. periekecil Berkata

    permisi saya mau tanya di jakarta selatan yg jual sepedah lipa di mana yah pak ????
    coz saya berminat bgt niy pengen punya sepedah lipat ^^
    thanks

  15. belom lama ini sy sempet baca brosur katalog belanja dr Hypermart (kalo ngga salah)…salah satu produk yg ditawarin ada sepeda lipat….

    silahkan di sambangi…

  16. Ternyata saya agak kuper ya, baru tahu ada kumpulan pesepeda di sini. Saya, dengan ini, mohon izin untuk gabung. Sebagai penggemar sepeda lipat, mohon siapapun kiranya sudi berbagi ilmu dan cerita soal folding bike. Saya sedang merintis berdirinya Jogja Folding Bike Community, yang Insya Allah bisa kumpul pertama di Halaman Parkir Gedung 4 Fakultas Pertanian UGM, Minggu 27 April, jam 6.30.
    Buat Mas Ashar yang tanya soal sepeda lipat di Jogja, maaf saya baru bergabung di sini, apakah sudah dapat? Kalau belum atau ingin diskusi soal sepeda lipat, saya tunggu di jogjafoldingbike@yahoo.com. Terimakasih.

  17. mas..klo sepeda lipat phoenix belinya dimana aja? di jakarta ada ga?

  18. mas klo sepeda lipatnya phoenix dijkt dimana aja adanya?

  19. Bos aku nunut nawaril sepeda lipat bekas dari Jepang, harga tidak pakai mahal dan tidak campur larang. Roda 20 inch single speed Rp. 1,2 jt, pakai 6 gear speed Rp.1,4 Jt.
    Roda 16 inch Rp.2 jt single speed, pakai 6 gear speed Rp. 2.2jt.
    Kondisi terawat, bahan besi tetapi kalo dibandingkan sama berat sepeda dahon seri triple x beratnya lebih kurang sama. bisa hubungi aku di 08174851510.

  20. Saya punya sepeda Onthel Phoenix (di Gearnya tertulis jelas). saya membeli seharga 750rb, kondisi pertama saya lihat berdebu ya seperti sepeda yg diletakan bertahun2 digudang.

    saya gaktahu tahun berapa ini, yg saya ingin tanyakan worth tidak saya membeli seharga 750rb? kata sipenjual ini sepeda thn 60an, tp dilihat dr yg baru tidak ada bedanya, warna punya saya hijau tua, dan ada kunci ban dibawah boncengan belakang, mohon pencerahannya

  21. kalau tidak salah harga segitu sebenarnya sudah bisa dapet Phoenix yg baru mas…

  22. wah… wah… wah… seru ngerumpi sepeda disini. Tahun 70, waktu smp di Yogya saya naik sepeda phoenix…. ehhh sekarang, ktika “sepeda onthel” menggejala lagi, dan saya pengen ‘nggenjot’ sepeda lagi, setengah hidup nyarinya (tentu yang usianya udah uzur). Stelah hunting 3 bulanan (bukan bunting lho…), saya dapat juga meski lampu ‘berko’nya udah gak ada, tp komponen laennya sepertinya masih asli, lawas, uzur, karatan dll, termasuk murah cuma 200 ribu (yg punya tukang jual jamu di pelosok yang gak tau kalo onthel lagi nge-trend he.. he.. he..). Kalau ada kawan2 di Medan yang mau dolan dolan “pit-pit an” muterin Lapangan Merdeka, ayo barengan…

  23. cari seli Berkata

    om anton
    selinya yg single speed murmer saya mau, minta picnya donk

  24. Saya waktu SD juga punya sepeda merek Phoenix model Trail. waktu itu beli di Pasar Rumput, Jakarta. Krn sdh punya BMX baru, si Phoenix saya sumbangkan.. Skrg saya lg ingin punya sepeda lipat. Kebetulan Merk Feida spt foto terlampir sangat mirip dengan sepeda lipat merek POLYGON “New Metro” seharga 2juta. Mungkin kalo merek Feida di Shanghai cuma 500 ribu.. Ada yg berminat jualan? Atau tahu alamat pemesanan di Shanghai? Boleh dong bagi2 informasinya.. Many Thanx.

  25. Mas Anton, dimana posisi dirimu? Jkt, Jogja, Malang, atau Suroboyo? Tawaran akan lebih menarik kalo pake foto2 digital dengan posisi terlipat dan terbuka. Utk harga di atas 1 juta kondisi min. 90-95% gak pake karat lo yo..hehehe.. Kita tunggu pic-nya semua tipe ya.. Tengkyu!

  26. mas.. Mohon informasinya.. kemana kalo saya mau beli sepeda phonix di bandung.. masa sich dibandung ga ada agennya… ketinggalan banget… tolong jawab secepatnya ya… Tq

  27. @Kang Iwan,

    kalo di jakarta sepeda Phoenix di jual di toko2 sepeda biasa kang, nyampur sama sepeda2 model baru, biasanya toko sepeda yg sudah berumur atau udah lama jualan dan kadang juga Phoenix ngga dipajang di display, tp disimpen digudang dan blm dirakit, jadi mesti rajin2 menyambangi dan nanya ke pemilik/penjaga toko.

    smg membantu

    selamat berburu :)

  28. Oom saya punya Phoenix type sepeda angkut, apakah bs dirubah gear belakang memakai sistem transmisi + freewheel 6 susun?
    Terima kasih

    bisa , bawa aja ke bengkel sepeda, minta diganti gear depan dan belakangnya dengan punya sepeda balap lengkap dengan triger persenelingnya, jadi deh phoenix sepeda angkut rasa balap…. :)

  29. di Sumenep kota paling ujung timur pulau Madura, Geliat terhadap sepeda tempo doelu mulai nampak, tinggal wadah komunitasnya yang belum maksimal. Kalau malam minggu banyak nongrong di depan kantor DPRD atau depan mapolsekta, boleh lihat yok

  30. topan onthel Berkata

    mau nanye niii abang2 smue,,
    ane baru dapet warisan ni sepeda onthhel dari engkong ane,,
    tp ane bingung merek’a ape,,
    modelnye si kaye raliegh dames.
    tp tmpt pompa’a dibelakang, dibawah sadel.

    dan dibawahnye pedal ade tulisan unity bang.

  31. sy punya sepeda dari kakek …. katanya merek nya phoenix jepang …. tp yg buat aneh garpu depan dan belakang, spatboard dan tutup rante tangkes mirip/sama kyk punya raleigh. model rem pake tromol merk chair made … as pedalnya besar.. no serinya K4240 .. model dames ada pompa di batangan bawah ….
    mohon info untuk sepeda saya… lobang peneng ada 2 di sebelah kanan dan kiri … terima kasih

  32. Mas, aQ mau beli seli tapi anggarannya hanya 1jt – 1.5 jt. bisa dapat g? so aQ mau yang ada keranjangnya. . . sekarang lg nimba ilmu di UGM jogja, itung2 u ngirit . . dimana ya bisa dapatnya? TQ

  33. di surabaya setau saya banyak yg jualan sepeda phoenix, di rungkut ada, trus di deketnya terminal bratang juga ada…hmm ada yg tau ga poligon sama phoenix itu enakan mana ya naikannya….?trims

    • prayogi2k Berkata

      Kalau Polygon Sierra 26 inci saya punya, lumayan enteng walau bukan yg alloy, ketinggian stang bisa diatur, hanya sadel bawaan kecil dan keras, kalau diganti sadel onthel yg lebar bisa lebih nyaman.

  34. Palito Berkata

    saya punya sepeda onthel phoenix yang untuk perempuan. Saya mencari kampas rem depan belakang dan tali rem depan bisa dimana yaa ? saya punya sepeda ini dr purwerejo kondisi asli hanya ban yang saya ganti. Thx

  35. chibi kecchan Berkata

    di cirebon, sepeda phoenix yang mini harganya 200rb, yang besar hanya 400rb lho.. tepatnya di Babakan, desa sumber Lor

  36. wong ndeso Berkata

    FEIDA BEACH CRUISER KEREN SEKALI,BERAPA KIRA-KIRA HARGANYA YA
    … SAYA SEKITAR MADIUN.
    SALAM KENAL

  37. saya punya sepeda phoenix no rangka C 220823 kira2 buatan tahun berapa ad yang tau gak????

  38. Phoenix ini klo ga salah bikin mtb jg ya? tp bukan mtb utk serius..ya skdr type mtb aja..kelasnya sekelas Polygon Monarch.

  39. saya cari sepeda phoenix ukuran 28 inch model ontel kaya yang di gambar urutan k 3, mohon kabarin y klo ada yang jual baru.. 021-9801876

  40. kalau jenis balap merk phonik brapa duitnya & di bali dah ada showroomnya,mhn infonya

  41. Saya punya sepeda Phoenix Transport kuno, masih ori semua.
    Sepeda ini saya peroleh dari alm Embah saya. Sepeda kuno yang masih Ori dengan No Rangka RH572647.
    Kata pakde saya sepeda ini dibeli sekitar awal tahun 1970an
    barang langka yang umurnya lebih tua dari umur saya

  42. Saya punya sepeda Phoenix Transport kuno, masih ori semua.
    Sepeda ini saya peroleh dari alm Embah saya. Sepeda kuno yang masih Ori dengan No Rangka RH572647.
    Kata pakde saya sepeda ini dibeli sekitar awal tahun 1970an
    barang langka yang umurnya lebih tua dari umur saya
    Sepeda Transport / angkut model 1
    Orang-orang menyebutnya pit onthel dalangan dobel

  43. kalau di madura,…dimana ada pasar sepeda ya,……………pasar ya,..bukan toko,………….

  44. varian phonix yg lainnya. . tolong display dongs. . .

  45. salm knl bwt tmn2 onthelis maaf br gbng sy jg br dpt phoenix mdl cwk warna orinya apa kira2 tmn2 bs bntu thx sblmny

  46. pambudi setyatmodjo Berkata

    untuk speda lipat,phoenix punya ga yaaa
    harga berapakah?? trims….

  47. Ada ga ontel phoenix yang asli pake persneling sturmey archer?ada yang nawari.mohon infonya…

  48. indah cute Berkata

    wih bagus banget yah
    harganya itu berkisar dari harga brapa??????????,,,…

  49. indah cute Berkata

    indah tu cantik

  50. tolong upload foto sepeda jengki model laki donk ! aku pengen liat yang original, soalnya aku punya dirumah tapi gak tau asli pa gak ??

  51. untung sugiono Berkata

    saya mau sepeda phoenix tetapi model angkut barang ( batang tengan double ), berapa harganya yaa, tks

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

