KINCIR AIR

kincir-airKalau kita kebetulan sedang pergi ke daerah pedesaan yang letaknya ada di kaki pegunungan atau di daerah dataran tinggi kadang kita akan menemui kincir air. Sebuah alat pendistribusian air yang bekerja dengan system rotasi sederhana. Alat utamanya bebentuk lingkaran bisa terbuat dari kayu atau bambu dengan dua sisi berseberangan bisa berukuran besar bisa juga kecil tergantung kebutuhan dan derasnya air. Pada bagian antara sisi satu dengan sisi lainnya biasanya ada beberapa bak untuk menampung air dari sungai atau mata air. Kincir ini akan berputar pada sumbunya karena ada dorongan air, putaran ini akan menyambungkan air yang ditampung ke potongan bambu yang dibelah-belah menyerupai pipa yang berfungsi sebagai penyalur air ke rumah2 penduduk yang ada didataran di bawahnya. Kincir ini dengan setianya tetap berputar selama ada air yang mendorongnya, kincir inilah yang membantu masyrakat sehingga tanpa perlu susah payah untuk mengambil air ke sungai ataupun mata air.  Layaknya kehidupan manusia…hidup ini terus berputar..kadang kita berada di putaran atas kadang ada di bawah, ….jangan sombong begitu kita ada di atas, karena kita di atas berkat dorongan dari bawah ..…jangan putus asa bila sedang berada di bawah berjuanglah untuk kembali ke atas, berjuanglah untuk meyalurkan “air” kepada keluarga , kepada teman-teman  dan kepada orang-orang di sekitar kita…  Bekerjalah seperti setianya putaran kincir yang terus berputar untuk kehidupan banyak orang…  Kincir akan terus berputar…

©wong-cilik

18 Tanggapan to “KINCIR AIR”

  1. mau tanya neeh,gimana sih buat kincir air. saya pengen tau nih? & Pingin buat

  2. air merupakan sumber energi yang melimpah yang diberikan tuhan kepada manusia.dimana penggunaanya bermanfaat bagi ummat manusia sseperti untuk pembangkit listrik.
    saya adalah salah satu orang yang ingin merancang kincir air mini.tolong bagi orang yang baik hati.kirimkan kepada saya data-data yang diperlukan untuk merancang suatu kincir air.sebelumnya terima kasih!

  3. mansyur Says:

    ingin tahu bagaimana gambar nya, apa bisa down load?

  4. imanuddin Says:

    Saya mau bantu yang kesulitan buat kincir air. call. 085283571889

  5. Salam kenal.
    Saya mau tau cara kerja dan pembuatan Kincir Air sampai menjadi sumber energi listrik, karena di daerah saya (Papua) sedang kesulitan BBM sedangkan sungai-sungai kecil cukup banyak.
    Terima kasih

    Purnomo/0901-302190/081240091191
    Jl. Kasuari no 58 rt 06 rw A Kuala Kencana Timika PAPUA – 99920

  6. salam kenal
    saya mau tanya tentang kincir air mekanisme nya.
    thk.

    adang arifin 081220064163

  7. tolong aku dikasih skema rancangan kincir air skala kecil

  8. parjowiyono Says:

    Salam kenal
    Tolong saya diberikan informasi pengadaan/penyedia alat kincir air untuk 1000 wat, makasih,

    • salam kenal juga
      untuk kincir air saya bisa merancang sekalian membuat
      tapi kalau bisa minta alamat nanti bisa dikirim via pos
      sekarang saya lagi redisain kincir air di bantul yogyakarta
      trims

  9. saya ingin tanya..bagaimana cara penyaluran listrik kincir air ke kabel..?

  10. gmn sih cara bikin kincir air ???
    saya ingin buat nih tolong berbagi ilmu dong kk

  11. Kini sang kincir
    SUMBU TELAH LONGGAR
    PASAKPUN SUDAH RAPUH

  12. saya pingin tau,,,gambar kincir air,,,,,,,pi9nginx ad pnjlasan jga ad gmbarx,,,,klw bgni rsax blum puass,,,

  13. kok gk lngkap gk seru .

  14. Very good post. I absolutely love this website.
    Stick with it!

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

